Posted in Cerita Jalan

Menggapai Puncak Sejati Gunung Raung 3344mdpl

MENGGAPAI PUNCAK SEJATI GUNUNG RAUNG

catper : Ahmad Fauzan

Dimulai dari pembicaraan bersama hendra,dia mengajak saya untuk mendaki gunung arjuno welirang dan sayapun meng ia kan ajakannya,2 minggu usai pembicaraan itu tiba-tiba saya mendapat kabar gunung arjuno kebakaran dan rencana pun batal…

Tak lama setelah itu pada saat kopdar hendra pun mengatakan

“jan ada kabar dari Cak andri (jancuk) dari surabaya,dia mengajak kita ke raung,Gimana mau ga pea”

Dan saya berfikir sejenak …………………….??? “RAUNG coy” masalahnya ntuh kan gunung paling Extrim di pulau jawa,pusing lah kepala saya hehehehe

Dan saya balik tanya kepada dia

“serius coy,kapan???”

Dia menjawab

“serius,nanti w kabarin”

Seiring berjalannya waktu,akhirnya dia mengabarkan ke saya

“jan tiket lu udah di tangan nih, let’s go to raung”

Lah saya pun bingung kayanya saya ngga jawab ia pas di tanya dia ko tiba-tiba dia udah beliin tiket……….???ya udah dengan kebingungan saya menjawab

“Kapan??”

Dan dengan semangat dia bilang
“4hari lagi”

Haduuuhhhhhhhhh pantes di nama in team seruntul kita ndra yah berangkatnya dadakan terus hahahaha

Pagi Pas hari H hari itu hari selasa tanggal 20-oktober-2014

keril udah ada dapet pinjem dari ka’Panda , sepatu udah aman dapet pinjem juga dari bang obe

lanjut packing lah udah cukup semua ehhh bang hendra bilang “buat kaos lah”,langsung saya buat yg desainnya di buat oleh bang bima (Backpacker tangerang),kaos jadi jam 6 sore,langsung pulang angkat keril ke tempat mepo yaitu di terminal kalideres

jam 20:00 kami berangkat ke senen,setibanya di sana beli air di alfa langsung naik kereta,di kereta saya melihat rombongan anak sma yang masih memakai seragam ternyata mereka menguasai gerbong 8 dan setengah gerbong 7,ketika akami menemukan tempat duduk langsung taruh keril diatas dan beres beres tempat duduk.di saat itu ada seorang cewememakai jaket TNF yang tiba” mengajak kami berkenalan dan dia bilang “gw Hana, boleh numpang duduk ngga??disana rame banget anak sekolah mulu” kebetulan tempat duduk itu kosong mungkin penumpangnya cancel.

Saya pun bertanya “mau kemana ??”

Dia jawab

“mau ke merrbabu,merapi,merbabu lagi,Lawu…trus lu mao kemana bang??”

Saya langsung bengong

“haaaaahhhhhhh….w mah Cuma ke ,,,Raung ikut w aja yuk??”

Dia langsung jawab

“upzzzz tar dulu dah kesana mah belom siap mental hahahaha”

Dan dengan akrabnya kami langsung main uno dan dia kalah terus hahahaha kita udah latian kan kalo kopdar

Tiba di st.lempuyangan jam 08;00 hana pun turun mau di jemput temannya, kereta jember berangkat jam 09;00 kami makan nasi kucing di st.lempuyangan hehehe

Lanjut ke jember di kereta kami pun tertidur karna semaleman ga tidur hehe setibanya di jember jam 20;00 kami langsung di jemput Cak andri (jancuk) langsung di ajak makan terus kerumahnya.Setibanya di rumah andri langsung tidur.

DSC_0981Jam 04;30 kami bangun katanya bang andri mau ngajak liat sunrise di pantai papuma,berangkat ber 3 naik motor beat *kaya cabe cabean haha,, ternyata kami bukan ber 3 ada tiga orang lagi temannya bang andri langsung berangkat menuju pantai papuma,di sana kami kenalan Arka (dari jember),bargo (jakarta timur),dan Torik (dari bekasi).disana berbincang sejenak teDSC_0983rnyata dia mau ke raung juga sama rombongan kita,hehe sebelumnya saya pikir Cuma ber3 haha…

Lanjut pada hari kamis malam ke st.kalibaru naik bis arah bali,sesampainya di St.kalibaru kami pun menunggu satu orang lagi yaitu bang papri dia dari jogja yang akan DSC_1002bergabung dengan kami menuju puncak sejati,ternyata dia naik bis lama kami menunggu banyak tukang ojek yang menawarkan kami ke basecamp pak .suto tapi kami menolak karna masih menunggu papri,kami tidur di depan St.kalibaru,ternyata papri tiba jam 04;00 tunggu pagi kata bang andri nanti baru berangkat pada saat jam 06;00 datang 4 orang pendaki yaitu cak pur(surabaya),om setan (surabaya),sony (surabaya),dan satu cewe yaitu rosa (kediri).ternyata mereka satu rombongan juga dengan kami.akhirnya rombongan kami 11 orang,10cowo 1cewe,hahaha

Basecamp pak.suto

8Lanjut pada hari jum’at jam 08;00 kami pun tiba di basecamp pak suto kalibaru sekitar 800mdpl menaiki ojek,kami makan” disana ngobrol-ngobrol terus sholat jum’at dan bertemu pendaki lain 4 bapa-bapak umur rata-rata diatas 50tahun bersama porter dan guide profesional mas arif (surabaya) temannya bang andri yang mau meminjamkan alat & ngeguide kita, ngobrol dengan dia, orang itu pasti ceramahin orang setiap liat orang merokok dan kata-kata yang saya ingat dia bilang “saya sudah mendaki 49 gunung dan sudah menaklukan 34 puncak dan yang ini ke 40 gunung dan 35 puncak”akhirnya dia pergi makan karna nasinya sudah matang,yessss akhirnya terbebas lah kami dari ceramahan bapa itu…..!! hahahahahahaha….

tiba pukul 02;00 kami membeli air di warung dan ada yang mengambil di kali dengan kami membawa masing-masing 10 lier air packing .

Jum’at jam 16:00kita berangkat menuju puncak sejati kami naik ojek dari basecamp pak.suto ke pos 1 yaitu rumah pak.sunarya di situ kebun kopi yang luas

Pos 1 (camp 1)

Jam 15;30 kami tiba di rumah pak sunarya kami langsung berjalan menuju camp 2 kami berjalan, jalan landai menusuri kebun kopi,rumput liar berduri.

Camp 2

Jam 17;30 kami tiba di camp 2,istirahat makan” karna masih membawa bekal dari basecamp pak.suto,camp 2 cukup luas bisa untuk mendirikan 6 tenda,tapi kami lanjut berjalan menuju pos 2 yang jalannya masih landai tapi agak sedikit menanjak ketika sedikit lagi tiba ke camp 3,untuk menuju pos 3 kita melewati tanaman rotan liar yang berduri.

Camp 3

Jam 19;00 kami tiba di pos 3 kami istirahat sejenak berbagi coklat untuk menambah stamina,5 menit istirahat kami pun bertemu porter dan rombongan bapa-bapa di basecamp dia pun lanjut dan kami di lewati hahaha kami pun bergegas ke pos 2 atau (camp 4) karna sudah larut malam, jalan menanjak melewati tamnaman rotan liar berduri dan pakis hutan.

Pos 2 (Camp 4)

Jam 20;00 Hendra,ocha,cak pur,torik,om setan (bim-bim) dan yang lain tiba di pos 2 (camp 4) tetapi saya,andri,arka,balgo,dan papri tiba di pos 2 (camp 4) jam 20;20 karna menunggu saya hahaha maklum saya pendaki cepat…..(cepat cape)hahaha …di situ kamiberbagi tugas ada yang memasak capcay supaya irit air hee,dan mendirikan tenda,membuat curcuma hee kami makan untung nasi dari basecamp masih ada hehehe …suhunya belum begitu dingin ternyata masih sekitar 1400mdpl hahaha.

Kami bangun jam 07;00 beres-beres tenda disitu pula kami menanam air 1 botol untuk bekal turun hehe. jam 08;30 kami berjalan dan saya yang mengawali perjalanan karna saya yang paling lama hehehe jalan pun menanjak melewati tanaman rotan berduri,pakis hutan dan pohon-pohon tumbang di jalur pendakian.

Camp 5

Jam 11:00 saya tiba di camp 5 istirahat sejenak ber3 saya,andri,dan paapri karna saya paling belakang hehehehe berbagi coklat lansung berjalan lagi menusuri jalan yang sempit tetapi jalurnya jelas.

Pos 3 (Camp 6)

Jam 14:00 saya bertemu rombongan yang lain dan satu porter agus (riau) dan tenda rombongan bapak-bapak yang bertemu kami di basecamp kami pun mengobrol ternyata mas agus ini temannya hana (cewe yang saya temui di kereta) yang kemarin baru turun dari raung langsung naik lagi untuk menjadi porter dan mau lanjut ke merbabu dan lawu sama si hana.setelah asik berbincang kami bergegas kembali untuk menuju pos selanjutnya .

Camp 7

Jam 16;30 rombongan saya yang lain sudah tiba di sana,seperti biasa saya pun 7tertinggal dan tiba jam 17;00 karna torik kakinya sakit,di pos 7 ini kami istirahat dan masak karna sudah lapar semua hee adri pun langsung berbicara dengan rosa “camp di sini aja cha” ocha pun bilang “di pos 4 (camp 9) aja mas” andri pun diam dan kami pun langsung masak pas jam 17;45 bertemu ibu-ibu yang di basecamp yang terpisah dari rombongannya tak lama kemudian arif (guide) turun usai mengantar tamunya ke puncak sejati,dan ocha pun langsung berbicara dengan arif “mas aku mau camp di pos 4 kira-kira gimana” arif pun langsung menjawab “jangan,mau mati k6amu,anginnya lg keceng”.akhirnya kami camp di camp 7.camp ini memiliki kapasitas sekitar 3 tenda kapasitas 2 orang,dan 3 tenda kapasitas 4 orang,karna tempat camp ini berada di jalur jam 20;00 pun kami semua tertidur.

Pagi nya rencana kita menuju puncak sejati jam 06;00 ternyata kami berangkat jam 08;30 karena kesiangan bangunnya hehehe,pas bangun aku cari arif kok ga ada di tenda? Ternyata dia turun ke bawah menjemput tamunya yang lain dan nanti naik lagi….hahhhh aku pun berfikir siapa yang akan memasang tali di puncak nanti ??? rosa (onyeng) langsung bicara “nanti sama saya bang,saya yang pasangin”

hufffttt….! ini cewe satu-satunya yang ada di kelompok kami lohDSC_1146,ternyata dia sudah 3x ke gunung ini, akhirnya disini kami meninggalkan tenda dan kerill kami hannya membawa satu keril untuk membawa bekal seadanya air 1 botol besar untuk masing-masing orang dan makanan.di situ andri sakit dan tidak mau melanjutkan perjalanan katanya nanti nyusul bareng arif.kami pun berdoa lalu melanjutkan perjalanan menuju puncak sejati,di tengah perjalanan saya dan papri berada di posisi paling belakang dan papri ingin buang air hahaha ya sudah saya menunggu papri tiba-tiba ada seseorang sedang mendaki dan menghampiri kami ternyata andri yang sedang sakit dia optimis untuk menggapai puncak sejati walaupun keadaannya kurang baik.kami pun langsung melanjutkan perjalanan yang jalurnya sangat menanjak dengan kemiringan sekitar 75 derajat dan berliku di tumbuhi pohon yang semakin pendek dan ber lumut.

Camp 8

Jam 10;00 saya tiba di camp 8 istirahat 5menit langsung jalan lagi menuju camp 9 untuk bertemu rombongan yang lain

Pos 4 (Camp 9)

4Saya tiba jam 11;30 dan bertemu rombongan yang lain disini lah kami mulai memakai alat dan di sini juga arip meninggalkan carmantel nya untuk kami.dan setelah selesai memakai alat jam 12;00 kami pun lansung bergegas menuju puncak sejati

Puncak bendera

Jam 12;30 kami tiba di puncak bendera disini lah baru terlihat puncak sejati seperti foto di internet hahahaha

Puncak 17

Jam 12;50 saya tiba di pucak 17 untuk mencapai puncak 17 kami melewati jembatan sirotol mustakim 1 yang jalurnya selebar setengah meter dengan angin yang sangat kencang dari sebelah kanan dan kabut yang tebal dari sebelah kiri setibanya di puncak 17 ternyata carmantel sudah terpasang benar ternyata si rosa (onyeng ) yang memasangnya,,,,hadehhhh saya pun langsung keringet dingin hahaha…kami pun langsung melanjutkan perjalanan menuju puncak tusuk gigi.

Puncak tusuk gigi

Jam 14;00 saya tiba di tusuk gigi perjalanan menuju tusuk gigi saya dan cak andri di tantang sama onyeng ”jika saya dan andri tiba di tusuk gigi setengah jam maka dia mau mijitin saya dan andri” haduhhh cewe ini bener-bener pendaki ternyata hahaha 25menit dia sudah sampai di tusuk gigi dan saya 55menit hahaha. Melewati jembatan sirotol mustakim 2 dan turun menggunakan carmantel setinggi 15 meter.dan bertemu team saya mereka menunggu saya dan andri karna harus lengkap rombongannya jika ingin menuju puncak sejati,saya pun yang membuka jalur untuk menuju puncak sejati itu juga di paksa sama ocha ( onyeng ) karna saya yang paling belakangan tiba di tusuk gigi. saya pun langsung memasang webing yang saya bawa dari rumah,ternyata perjalanan dari tusuk gigi ke puncak sejati Cuma 5 menit hahahaha.

“PUNCAK SEJATI” GUNUNG RAUNG

2Minggu Jam 14:15 saya tiba di “PUNCAK SEJATI” GUNUNG RAUNG alhamdulillah bersama seluruh rombongan dengan selamat yeahhhhhhhhhhhhhhh………! ! ! senang hati ini karna sudah tiba di tempat yang kami inginkan yaitu puncak sejati puncak impian para pendaki “katanya siihhh” hahaha.

Setelah ber foto-foto dan menikmati keindahan gunung raung kami pun turun jam 15;00 cuaca sudah sangat dingin angin pun semakin kencang berhembus seperti kipas angin yang paling besar no 3 tetapi ini lebih kencang seperti nomor 15 hahaha “lebay” tapi serius anginnya kenceng hee

Kami pun bergegas dan berhenti sejenak karna mengantri untuk me3makai carmatel dan di setiap kami berhenti kami pun berpelukan untuk menghilangkan dingin ketika tiba di batas vegetasi atau puncak bendera sudah tidak terlalu dingin karna angin terhalang pohon dan kami pun lanjut turun ke camp 7 dimana tenda kami berada itu pun dengan berlari supaya suhu tubuh kita semakin hangat.

Jam 18;00 saya pun tiba di camp 7 dan ternyata tenda torik,bago,andri,dan arka sudah ter cabut pasaknya setelah mereka masuk ternyata frame tenda pun langsung patah karna anginnya sangat kencang dan kami membangun satu tenda lagi milik hendra kapasitas 2 orang ,kami pun langsung masak –masak dan setelah makan ternyata rosa ingin turun karna besok masuk kerja dia pun langsung turun di temani cak pur pada jam 20;00 “emang pendaki yang handal cewe ini” heee piss cha haha.

Pagi menuju perjalanan pulang jam 09;00 kami turun dengan cepat hehehe “kan turun” hahaha

Jam 14;00 kami tiba di pos 1 (rumah pak sunarya) menunggu ojek yang akan menjemput kami

Jam 15;00 kami tiba di rumah pak suto kami mandi,makan,membeli sovenir hehehe

Jam 20;00 kami naik pick up menuju st.kalibaru

Jam 22;00 kami menuju jember dengan naik kereta pandan wangi

Tiba di jember kami pun nongkrong liar hahaha di alun-alun buka nesting masak kopi hehehe jiwa backpackernya keluar hahaha setengah jam kemudian temannya arka datang dan mengajak kami tidur di kostnya “alhamdulillah”

Jam 04;00 saya bangun karna kereta yang akan saya naiki jalan jam 05;00 tujuan purwokerto tanpa bekal kami pun menaiki kereta 😥 setiap ada orang makan saya pun hanya melihat dengan harapan semoga di bagi alhamdulillah ternyata di bagi keripik sama air hehehehe

Jam 19:00 kami tiba di purwokerto langsung jalan mencari makanan keluar stasiun nasi sama telor dadar dan gorengan.

Jam 20;00 kami berangkat menuju jakarta dan tiba jam 03;00 kami menunggu comuter hehehe dan selamat sampai rumah….. “Alhamdulillah”

Pas di rumah di omelin karna berangkatnya ga bilang ….hahaha

Dua minggu kemudian gunung raung erupsi …

Estimasi budget pribadi

Bus way kalideres senen                       Rp.     5.000 karna ga punya e-tiket

Kereta Jakarta – purwokerto pp             Rp. 100.000

Kereta purwokerto – jember pp             Rp. 100.000

Bis jember- banyuwwangi St.kalibaru    Rp. 30.000

Kereta banyuwangi (kalibaru)-jember   Rp.  4.000

Ojek kalibaru basecamp                pp    Rp. 50.000

Ojek basecamp – pos 1                         Rp.  60.000

Makan di pak suto                                  Rp.  40.000 karna di bagi 11 orang

Logistic air rokok dan makanan ringan  Rp. 70.000

Makan di kereta pp                                 Rp. 40.000

Comuter senen –poris                             Rp     5.000

Sewa alat                                                 Rp.     0       karna punya teman jadi gratis hehe

Nb: biaya tersebut sebelum ada kenaikan bbm dan kereta masih di subidi

Selamat mencoba semoga dan smoga cerita ini bermanfaat terimakasih

oiya ada video nya jg loh

Advertisements

One thought on “Menggapai Puncak Sejati Gunung Raung 3344mdpl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s