Posted in Cerita Jalan

City Explore Jogja 20-23 Februari 2014

Cerita jalan oleh Anaz  

are yoouu readdyy too triiippp ..!! haha

cekibroooott

Kamis, 20 Februari 2014

Liburan pun telah tiba… packing sudah dilakukan dari rabu malam,. Keril pun sudah penuh dengan perabotan jalan-jalan, hanya tinggal menunggu waktu after office hour..

Hehe,dan  jam pulang pun tiba.. Saya bergegas pulang ke rumah, mengecek kembali persiapan ngebolang, bahaya kalo ada yang sampai tertinggal..

Tak lupa sebelum berangkat sebagai anak yang baik dan berbakti pada orang tua harus pamit dahulu…hihi.

Naik bus DSU 157 menuju stasiun pasar senen, setelah maghrib, gue pun sempat cemas kalo telat kereta, karena bus sempat ngetem lama, sempat terpikir naik taksi, tapi masa backpacker sejati naik taksi. Kwkwkww., tapi akhirnya diluar perkiran bis tidak terlalu lama ngetem, jalanan pun lancar..dan sampai stasiun pasar senen jam 9 kurang .. Alhamdulillah.. tak lama teman” pun datang..

Kami ngebolang dari tangerang berempat ( erol, kristo, & indah), jujur baru kali ini gue naik kereta khususnya untuk tujuan luar kota yang cukup jauh..  😀

Kereta ekonomi progo jurusan lempuyangan kami pun tiba.. jugijagijugijagijug.. 😀 sbelum naik kereta, jangan lupa belanja cemilan cepuluh, karena kalo gamau kelaparan di dalam kereta ya silahkah,, iseng” ngemill kaaann..

Kami berempat duduknya terpisah, gue di gerbong 7 dan teman” lain di gerbong 3,  Haha cukup jauh,.

Karena beli  tiketnya berbeda ..

Yooii,. Kereta malam pun udah mulai jalan tepat jam 10 malam,.. nasib kurang baik, karena dapat partner duduk cowo smua depan belakang. Kwkwk..

Ngobrol” sebentar, mau dibuat tidur ga enak ga bisa pulas,.. posisi bangku ga enak., dengkul mentok, tapi kereta cukup nyaman (AC, gada pengamen dan pedagang, WC bersih terawatt), cukup sering juga berhenti di beberapa stasiun, gue manfaatin tuk peregangan otot, karena capek duduk terus.

Jumat, 21 Februari 2014

Singkat cerita kurang lebih jam 7 sudah sampai di stasiun lempuyangan, shalat subuh ga lupa di masjid dekat stasiun..

Perut lapar, snack dalam perjalanan sudah habis, untung si erol ada sisa nasi 1 bungkus dan martabak mie, yah lumyaaan daripada lu kelaperan … hha

Atap – atap rumah masih ada bekas” abu vulkanik gunung kelud, yang belum sempat dibersihkan, menurut kabar warga setempat, abu sempat mencapai  5 centimeter lebih, subhanallah begitu dahysatnya peristiwa alam yang terjadi…

Oke kami pun lanjut jalan, menyisir jalan di kota jogja mencari penginapan.. setelah mencari lama dengan keril di pundak bikin capek, dapat juga kami hotel WHW  di Jl. Sosrokusuman dekat dengan jl. Malioboro, semalamnya hanya Rp 60.000,-, kami ambil untuk 3 malam.

Masuk kamar, berbenah, mandi , siap” tuk kunjungan ke candi Borobudur, dari hotel perjalanan ke Borobudur memakan waktu kurang lebih  2 jam, dari jalan malioboro kami menggunakan transjogja seharga Rp 3.000,-/sepuasnya,  transjogja sama seperti transjakarta, ada koridornya, intinya muter” kota jogja.

Kami naik transjogja nomor 2A, dan nanti transit pindah bus nomor 3E ke jurusan terminal Jombor, dari terminal jombor kami naik bus swasta bernama cemara tunggal, sebenarnya masih ada lagi bis” lainnya yang bisa mengantar ke Borobudur, ongkos bis ke Borobudur Rp 12.500,-/orang, perjalanan kurang lebih 1 jam untuk sampai di Borobudur ..

Setelah sampai di teriminal dekat pintu masuk ke Borobudur, kami lanjut ke dalam Borobudur naik delman atau andong, ongkos Rp 15.000,- , sebetulny jalan kaki pun bisa, karena tidak terlalau jauh …

Sampailah kami di Borobudur, jadi inget waktu zaman SMA, sudah 10 tahun lebih terakhir masa perpisahan SMA, banyak perubahan di halaman borbudurnya..  terimakasih banyak atas bantuan mas Eko – tangerang backpacker dan mbak zakia, kita masuk Borobudur ga bayar alias gratis, Cuma ngasih coklat ke mbak zakia.. hihih.

1979308_10152240046687350_1151855795_o

Sayangnya pada saat kami disana, borobudur hanya dibuka zona 2 & 3 alias ga bisa muncak, karena masih rehabilitasi pasca abu vulkanis gunung kelud. Waktu sudah jam 12 siang lewat, perut sudah lapar, kami sudahi wisata borobudurnya, makan siang di warung dekat terminal, lumayan enak dan harganya seperti berasa “ditembak” haha. Tapi ya sudahlah.. yang jual emak” kasihan jugaa..

Kembali naik bis kea rah terminal jombor, hati” ongkos yang benar Rp 12.500,- kadang suka ditembak atau dengan metode “lupa”..

rencana kami setelah Borobudur ingin ke candi prambanan, malahan candi prambanan sudah tutup jam 5 sore, sebagai gantinya kita malah keliling full kota jogja dengan transjogja, transit gonta ganti bis, lumayan daripada manyyuu.. haha

sekitar jam 7an malam, baru pada sampai hotel semua, istirahat sebentar, mandi, siap” lagi jalan keluar, yang sebelumnya kita sudah janjian dengan teman-teman dari BPI jogja ngopi bareng, ada 2 orang dari bpi jogja yang datang ketemu di tugu dekat rel kereta, yaitu mas gapo dan sukri,. Karena cuaca hujan, jadi kami pindah ngobar di kafe semesta jalan abu bakar ali.

Orang-orangya asik dan welcome banget.. ngobrol” seru ga terasa sudah sampai tengah malam., kami sekalian membayar 200rb untuk ikut rafting, dan sewa mobil untuk jalan” di hari sabtu pagi.,.

Hari sudah tengah malam, badan sudah letih, kami kembali ke hotel istirahat untuk besok ngebolang .

Yeaaahhh !

Sabtu, 22 Februari 2014

 

Tet tot tet tot …..! alarm di hape bunyi, udah jam 9 siang.. dan kami kesiangan memulai jalan”, cek whatsapp dari mas gapo ternyata dia agak telat juga, karena mobil baru dapat … hahaha.. yasudah nasibnya kesiangan.. #rapopo..

Langsung aja kami mandi, memperkeren diri tuk ngebolang, tamu special dari tangerang sudah ditunggu dengan mobil avanza terbaru…

Okee.. ! tujuan pertama kami ke goa pindul, dari jogja kurang lebih ditempuh perjalanan 2 jam, melewati bukit bintang, goa pindul berada di desa bejiharjo, gunungkidul … desa yang masih asri dan sejuk.. banyak hutang dan sawah..

Goa pindul wisata mainstream di daerah gunung kidul, banyak petunjuk” jalan yang mengarahkan anda ke goa pindul apabila sudah mulai dekat,.. dan banyak juga jasa antar gratis oleh penduduk setempat… memakai motor,.. yah paling bayar seikhlasnya, ga enak juga kan.. itung” memberi dan memberdayakan penduduk local. ..

Sampai goa pindul memang dikelola cukup baik,. Banyak pengunjung .. parker mobil luas, system pembayaran pun sudah menggunakan debit card ataupun credit cards…

Ada beberapa jenis wisata yang ditawarkan, yaitu :

  1. Goa pindul Rp 35.000,-
  2. Goa gelatik Rp 30.000,-
  3. Body rafting sungai oyo Rp 45.000,-

Pelayanan, sarana dan prasarana sudah memadai dan baik ..

Akhirnya kami siap” main goa pindul… haaa.. seru bangett.. walaupun Cuma sekitar 1 jam, karena goanya sendiri tidak begitu panjang.. tidak sampai 1 kilometer..

Bagian yang paling seru lompat dari atas tebing.. hehe

Selesai di goa pindul kami lanjut lagi eksplor pantai di wonosari, dari goa pindul ditempuh perjalanan sekitar 1 jam lebih … bisa dibilang pantai selatan daerah wonosari adalah kompleks perpantaian.. karena jarak antar pantai yang berbeda cukup berdekatan… dengan pintu masuk gerbang seharga 10 ribu… sudah bisa menikmati lebih dari puluhan pantai,,tapi sayang karena kami kesiangan Cuma bisa main di 3 pantai, yaitu :

  1. Pantai krakal
  2. Pantai indrayanti
  3. Pantai kukup

bisa dibilang dari banyaknya pantai, pantai tersebutlah yang menjadi idola .. hehe..

saran saya kalau belum tau rute untuk ke pantai selatan di wonosari gunungkidul jangan coba pakai motor, Karena apabila cuaca hujan bisa runyam, belum lagi nanya” dan nyasar.. jadi bikin liburan anda tetap aman, dan nyaman…

gak terasa di pantai sudah malam, kami segera pulang .. ditengah jalan betul juga langsung hujan… Alhamdulillah pakai mobil.. sampai jogja kami mampir makan malam di bakso idola ..

sudah malam sampai hotel .. tiduurrrr… besok lanjut lagi raftiiingg …!!

Thanks for today mas gapo dan sukri from BPI Jogja..

1524429_10152240154992350_1139093162_o

Minggu, 23 Februari 2014

Kali inii kamii banguunn sangat pagii.. jam 6 udah siap”.,, yaiyalaaahh, klo ga bakal ga ikut rafting…! ..

Udah pada siapp.. cabcuzz.. ke terminal giwangan lokasi meeting point peserta rafting yang diselenggarakan oleh BPI JOGJA.. Cuma bayar Rp 200.000,- udah dapet rafting 20 kilometer, makan siang, bis ac, souvenir, dokumentasi foto rafting.. mantablahh BPI Jogja.. !

Sarapan pagi di terminal giwangan sembari nunggu peserta lainnya.. lumayan sekali makan Rp 15.000,- ahaha..

Banyak juga yang ikut rafting dari segala penjuru jawa.. senangnya kami jadi tambah saudara karena backpacker,.. tapi yang dari jabodetabek hanya kami,..kurang lebih ada 30 orang yang ikut,.

Setelah kumpul semua,, prjalanan ke wisata ke kampong rejo kurang lebih 1,5 jam, dari wisata kampong rejo kami tukar mobil pengangkut kapal rafting, kurang lebih 1 jam ke lokasi sungai progo..

Udah di briefing, berdoa, dan siap” kita naik kapal… yeaaahh !..

Rafting pun dimulaii ..!!!

Byar byurr,, joss gandoooss.s.. !! 20 kilometer kami terus dihajar jeram arus sungai yang deras… aksi selfie photography pun terus”an… aksi saling serang menjatuhkan lawan terus bergelimpangan.. hahha..

Seru mamenn.. !!  lebih seru lagi jika hujan deras turunn mengehempass.. uwoooo.. debit air akan lebih hebat lagii…

Selesai jugaa.. alhamdulillahh. Seruu..! sekitar jam 1 siang kita makan.. asik makannya enak”, pasti lahap dan nambaahhh…

Lanjut perjalanan ke candi plaosan di daerah klaten.. kurang lebih 2 jam.. mobil pun sempat mogok, karena air radiator bermasalah tapi itu tidaklah lama… lanjut lagii. Sampai juga di candi plaosan,,cuaca mulai gerimis, kami tidak lama photo” sebentar… lanjut pulang ke terminal giwangan sampai jam 7 malam..

Pulang ke hotel pakai trans joga..beres” mandi sebentar.. lanjut lagi ktemuan dengan BPI JOGJA di café semesta .. share photo” rafting..

Pulang ke hotel .. tidurr.. besok saatnya city eksplor..

Ngoooookkkkk kroooookk…..

1979912_10152240165497350_871240401_o

DSC_0170

Senin, 23 Februari 2014

Bangun kesiangann seperti biasaa… haha maklum kecapeian mpe pagi…

Oke hari ini ke benteng vredeburg, kraton, taman sari, belanja oleh”,…

1912019_10152240193752350_837548632_o

Sayang benteng vredeburg tutup, Cuma bisa foto” di gerbang depan, lanjut jalan kaki ke keraton selatan, yah poto” selfi..

Lanut ke taman sari, keren juga bangunannya masih ada yang asli dari zaman kerajaan dan belanda, dan ada pula yang sudah di pugar renovasi , Cuma bayar Rp 4.000,- saja udah ditemani jalan” keliling tamansari dan diceritakan sejarahnya…

Ketemu orang bule jerman, saya ngobrol” sebentar … dia solo backpacker ternyata, datang ke indoensia kebetulan diundang pernikahan temannya… dan dia punya uang USD 3.000,- buat jalan”..

Ajak saya doonk ..hahha…

Selesai dari taman sari kami naik becak ke malioboro…

Packing pulang dari hotel..cek out.. oke waktunya berpisah masing” tuk beli oleh”,, dan nanti ketemuan di stasiun kereta lempuyangn … kereta berangkat jam setengah 4 sore…

Oleh” udah penuuhh…  kereta berangkat.. selamat tinggal jogja yang kerenn…

Moga bisa mampir lagii…

Special thanks to:

–          BPI JOGJA

–          Mas Gappo dan kawan”

*****************The End******************

rinician biaya bisa donlot  :

https://drive.google.com/file/d/0B4DqEzXEBD3TRzJjbzZEOTZuazA/edit?usp=sharing

1606212_10152240061247350_901164593_o 1606388_10152240157537350_1132507313_o 1658408_10152240184752350_1002457488_o 1782534_10152240059477350_193711588_o 1909330_10152240163927350_2010143431_o 1911921_10152240078512350_2071937411_o1956888_10152240058542350_1142619159_o 1962244_10152240200197350_1285152153_o 1966093_10152240156542350_1528358894_o 1973643_10152240146612350_784916252_o 1504283_10152240188327350_585559721_o DSC_0168

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s